Ketua Bank Sampah Budi Daya Bersih, Ratna Pratiwi saat menerima hadiah lomba dari DLHK Kota Depok. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Bank Sampah Budi Daya Bersih berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Reuse, Reduce, Recycle (3R) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Ke depannya, bank sampah di RW 03 Kelurahan Mekarsari, Cimanggis ini akan terus mengembangkan program yang sejalan dengan inovasi Green Economy buatannya. 

Ketua Bank Sampah Budi Daya Bersih, Ratna Pratiwi menjelaskan, inovasi Green Economy tersebut merupakan siklus utuh tentang pengolahan sampah organik yang dapat menjadi sumber ekonomi baru. Tentunya dapat dimanfaatkan kembali oleh warga sekitar. 

"Alhamdulillah, kemenangan ini akan menambah semangat kami dalam melakukan pengolahan sampah," katanya kepada  berita.depok.go.id, Kamis (13/08/20). 

Ratna menuturkan, pihaknya kini sedang mengembangkan dua unit usaha bank sampah. Adapun usaha yang dilakukan yaitu dengan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan minyak jelantah. Jika dapat mengumpulkan minyak jelantah sebanyak lima liter, maka akan mendapatkan gratis satu liter.

Kemudian, sambungnya, minyak jelantah yang dikumpulkan tersebut akan diolah menjadi sabun jelantik. Sabun yang dibuat dengan bahan dasar minyak jelantah. 

"Sedang kami kembangkan program setor lima gratis satu. Jadi warga menyetor lima liter jelantah dan mendapatkan satu liter minyak goreng," tambahnya. 

Usaha selanjutnya, tambah Ratna yaitu mengembangkan program yang sebelumnya sudah dilakukan menjadi lebih besar. Yaitu budidaya lele dan maggot. 

"Tentu tidak lupa kami tetap jalankan program yang sudah ada. Dengan begitu, produk-produk olahan sampah organik dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?