Ekowisata Ciliwung di RW 10 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. (Foto: Istimewa) 

berita.depok.go.id-Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis memiliki destinasi Ekowisata Ciliwung di wilayah RW 10. Keberadaannya akan dikembangkan untuk edukasi, wisata, dan konservasi.

Lurah Tugu, Bambang Eko mengatakan, ekowisata di wilayah RW 10 sudah ditetapkan sejak akhir 2019. Namun pengembangannya belum maksimal karena pandemi Covid-19.

“Keberadaan ekowisata ini sudah ada sejak dua tahun lalu, pengembangan akan terus kami lakukan bersinergi dengan pemerintah kota,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (17/11/21).

Menurut Bambang Eko, saat ini sudah tersedia dermaga. Nantinya akan difungsikan untuk titik awal wisata ciliwung.

“Kedepannya sarana prasarana akan dilengkapi, tentunya dengan dukungan dari perangkat daerah terkait,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RW 10 Kelurahan Tugu, Wagiman mengatakan, saat ini pihaknya memanfaatkan lahan sekitar dengan menanam beberapa jenis tanaman. Dengan harapan nantinya bisa menjadi edukasi pengunjung saat berwisata.

Wagiman menambahkan, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal tersebut dimaksud untuk meningkatkan status ekonomi masyarakat sekitar.

“Harapan kami pengembangan dapat segera terlaksana agar masyarakat dapat menikmati Ekowisata Ciliwung dan membantu pelaku UMKM warga RW 10” pungkasnya. (JD02/EUD02)

YOUR REACTION?