Penyaluran bibit Aglonema untuk warga RW 03 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id – Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas membentuk Kampung Aglo di RW 03. Wilayah ini akan menjadi lokasi budidaya tanaman hias jenis Aglonema.

Lurah Rangkapan Jaya, Zaenur Ahmad menjelaskan, pihaknya memberikan 500 bibit dengan tujuh varian Aglonema untuk warga setempat. Kampung Aglo akan menjadi lokasi pertama budidaya tanaman hias di Kelurahan Rangkapan Jaya.

"Aglonema harganya cukup stabil dibanding tanaman hias lainnya. Mudah-mudahan budidaya ini akan berkembang dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakatnya," jelas Zaenur kepada berita.depok.go.id, Rabu (22/06/22).

Zaenur menyebut, pihaknya akan rutin melakukan monitoring dan evaluasi guna melihat progress budidaya Aglonema di lokasi tersebut. Sambungnya, Kampung Aglo juga dibentuk untuk meningkatkan produktivitas masyarakat setempat.

Sebelum pembentukan Kampung Aglo, lanjut Zaenur, warga RW 03 dari RT 01 sampai RT 6 mengikuti pelatihan budidaya tanaman hias di Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya. Selama pelatihan mereka dibekali ilmu tentang jenis dan perawatan tanaman Aglonema.

"Di masa pandemi Covid-19 dan semakin majunya perkembangan zaman, masyarakat didorong untuk hidup produktif. Dengan budidaya Aglonema juga dapat menjaga lingkungan lebih asri," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?