Lurah Duser, Suhendar, saat memberikan sosialisasi Covid-19 ke warga (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Kelurahan Duren Seribu (Duser) kini menjadi wilayah yang masuk kategori nol kasus positif Coronavirus (Covid-19). Kunci keberhasilan yang patut ditiru adalah kesadaran masyarakat yang tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan.

Menurut Lurah Duser, Suhendar, keberhasilan wilayahnya menjadikan nol kasus positif Covid-19 karena kekompakan warga dan dukungan dari tiga pilar kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Berkat kekompakan ini warga menjadi taat dengan segala protokol kesehatan yang terus disosialisasikan untuk pencegahan Covid-19.

“Dari awal, Duser jadi salah satu kelurahan yang mendapatkan kasus positif Covid-19, serta ada warga yang meninggal walaupun itu bukan karena Covid-19. Setelah itu, dengan kesadaran yang tinggi, warga Duser taat dengan semua arahan yang kita berikan untuk mencegah tertular Covid-19,” jelas Suhendar kepada  berita.depok.go.id di  kantor Kelurahan Duser, Rabu (03/06/20).

Menurutnya, saat ini di Duser sudah terbentuk Kampung Siaga Covid-19 baik di tingkat kelurahan maupun tingkat RW. Dari 11 RW yang menjadi Kampung Siaga Covid-19, seluruhnya kompak dan taat dengan aturan dan protokol yang sudah ditetapkan.

“Seperti kami minta ada pemancingan yang ditutup. Ketua RW di sana langsung bergerak dan pemancingannya juga taat untuk menutup sementara,” jelasnya.

Suhendar menambahkan, terdapat 12 masjid yang juga menaati aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan tidak menyelenggarakan Salat Jumat di wilayahnya. Bahkan saat Ramadan, pihaknya memanggil seluruh DKM untuk sosialisasi tidak mengadakan Salat Tarawih di masjid saat pandemi. Hal ini dilaksanakan dengan penuh kesadaran oleh masyarakat.

“Salat Idulfitri juga sama, tidak ada masjid di Duser yang melaksanakan. Warga juga patuh dengan ketentuan tersebut. Alhamdulillah, sangat membantu kami dalam menekan angka konfirmasi positif di Duser hingga nol,” tandasnya. (JD06/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?