Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Sidik Mulyono melakukan sosialisasi aplikasi SILO di Kantor Kelurahan Sukmajaya, beberapa waktu lalu. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok telah meluncurkan aplikasi Sistem Layanan Online (SILO) untuk diterapkan di setiap kelurahan sejak tahun 2019. Untuk itu, seluruh kelurahan yang ada  diimbau agar segera menerapkan aplikasi tersebut di tahun ini.


Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong seluruh kelurahan menerapkan aplikasi SILO. Salah satunya memberikan pelatihan kepada operator kelurahan yang sudah dilaksanakan tahun lalu.

"Aplikasi SILO  kami luncurkan untuk menjawab tantangan era industri 4.0, dalam menjalankan tugas peningkatan layanan publik berbasis Teknologi Informasi (TI). Untuk itu, kami dorong seluruh kelurahan segera menerapkan aplikasi ini," katanya kepada berita.depok.go.id saat ditemui di Kantor Kelurahan Sukmajaya, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, banyak kelebihan dalam penerapan aplikasi SILO. Seperti mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan melalui gawai.

"Aplikasi SILO ini lebih efisien.  Masyarakat cukup unggah dokumen kependudukan melalui gawai, dan bisa melihat langkah demi langkah sampai dokumen yang dibutuhkan terbit. Operator di Kelurahan juga terbantu dengan aplikasi ini," tegas Sidik.

Menanggapi hal tersebut,  Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengungkapkan, untuk operasional aplikasi ini masih menunggu ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana. Rencananya, tahun ini pihaknya akan merekrut operator dan melengkapi peralatan perangkat komputer.

"Kalau SDM dan peralatan sudah maksimal, enam kelurahan di Kecamatan Sukmajaya siap mengoperasikan aplikasi SILO," ucap Tito. (JD 05/ED 01/EUD 02)

 

YOUR REACTION?