Lurah Cimpaeun, Herawati memberikan sambutan saat Pelatihan KRPL di Kantor Kelurahan Cimpaeun, Senin (30/05/22). (Foto : istimewa).

berita.depok.go.id – Kelurahan Cimpaeun berkomitmen menjamin ketersediaan pangan bagi warga. Salah satunya melalui pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang diikuti sebanyak 20 warga dari RW 17.

Lurah Cimpaeun, Herawati mengatakan, program KRPL merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat kelurahan. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 30-31 Mei 2022 di Kelurahan Cilangkap.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok sebagai pemateri dan penyedia sarana pelatihan," tuturnya kepada berita.depok.go.id, di kantor Kelurahan Cimpaeun, Kamis (02/06/22).

Dirinya menjelaskan, DKP3 Depok memberikan materi seputar KRPL, mulai dari cara bercocok tanam, pembuatan pestisida dan lain sebagainya. Tak hanya itu, peserta pelatihan juga langsung diberikan kesempatan praktik dengan pengawasan dari DKP3 Depok.

"Pasca pelatihan, DKP3 Depok juga memberikan sejumlah peralatan dan perlengkapan pertanian kepada para peserta untuk praktik di rumah. Meliputi media tanam, bibit, pacul, sapu lidi dan pendukung lainnya dalam bercocok tanam," terangnya.

Lanjut Hera, ketika warga di RW 17 sudah banyak yang mempraktikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini, pihaknya akan membentuk Kelompok Tani. Sebab, dengan terbentuknya kelompok tani, pemerintah semakin mudah memantau perkembangan KRPL dan memberikan bantuan.

"Semoga dari kegiatan ini tercipta ketahanan pangan, khususnya sayuran di wilayah Cimpaeun yang dimulai dari pekarangan rumah masing-masing," tandasnya. (JD 09/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?