Foto: JD 05/Diskominfo

Kecamatan Sukmajaya menggelar kegiatan Sosialisasi Sinergitas FKDM, di Aula Kantor Kecamatan, Kamis (06/08/20).

berita.depok.go.id – Kecamatan Sukmajaya mengoptimalkan peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sebagai fungsi deteksi dini segala konflik sosial. Dengan begitu, diharapkan dapat menciptakan wilayah yang aman dan nyaman

Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengatakan, dengan mengoptimalkan peran FKDM, pihaknya ingin menciptakan jalinan komunikasi yang baik dengan semua mitra kerja pemerintah. Sebab, imbuhnya, dalam menangani masalah sosial perlu kolaborasi dari segala unsur.

“FKDM sangat membantu tugas kami di kecamatan dalam rangka mengkoordinasikan ketentraman dan ketertiban di wilayah,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai sosialisasi sinegisitas FKDM di Aula Kecamatan Sukmajaya, Kamis (06/07//20).

Terakhir, dirinya meminta agar kinerja FKDM tetap berjalan maksimal dalam mendeteksi potensi konflik di wilayah. Selain itu, sambungnya,  pengurus forum tersebut juga harus rajin membuat laporan ke pihak kecamatan terkait temuan di lapangan.

“Kami berharap FKDM dapat maksimalkan kinerja dengan segera membuat program kerja dan pemetaan wilayah mana saja yang berpotensi terjadi konflik,” tegas Tito.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar menuturkan, FKDM sudah terbentuk di 11 kecamatan, termasuk Sukmajaya. Dia menyebutkan, FKDM terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda di wilayah setempat yang memiliki kepedulian terhadap ancaman, hambatan, dan tantangan.

“Menuju Pilkada 2020 kami juga meminta kepada FKDM untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan mengajak masyarakat di wilayahnya agar datang ke TPS saat hari pencoblosan,” ujar Hakim. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?