Saat tim juri menilai RW 05 Kelurahan Cinere sebagai RW Sehat, Senin (14/12/20). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Kecamatan Cinere menggelar lomba Kelurahan Sehat. Lomba tersebut digelar guna memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan.

"Ini merupakan lomba yang rutin kami adakan setiap tahun. Perlombaan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 14 -16 Desember 2020," tutur Camat Cinere, Mangnguluang Mansur kepada berita.depok.go.id, Senin (14/12/20).

Dia menjelaskan, penilaian akan dilaksanakan selama dua hari. Lalu, pada hari terakhir akan diumumkan pemenang lomba-lomba tersebut.

"Hari ini juri mengunjungi Kelurahan Cinere dan Gandul. Kemudian, tanggal 15 Desember, juri akan ke Kelurahan Pangkalan Jati dan Pangkalan Jati Baru," tuturnya. 

Lebih lanjut, ucap Mangnguluang,  penilaan lomba dilakukan oleh sejumlah juri. Antara lain Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Cinere, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Puskesmas Cinere.

"Semoga hal yang positif ini bukan hanya untuk perlombaan semata, melainkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari warga," tegasnya.

Di tempat berbeda, Ketua FKKS Cinere, Wawan Kholwani menambahkan, terdapat beberapa indikator penilaian dalam lomba. Seperti dalam menciptakan udara yang bersih akan dinilai upaya kelurahan dalam melakukan sosialisasi dan penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Penyediaan air bersih individu dan umum akan dinilai kecukupan kebetuhan air dan akses sanitasi di kelurahan tersebut. Dalam pengelolaan sampah akan dinilai implementasi pengolahan sampahnya," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?