Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 RW 09 Pengasinan, Iqbalur Ramadan (paling kanan) bersama para warga (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Keberadaan Kampung Siaga Covid-19 se-Kota Depok menjadi garda terdepan pencegahan Coronavirus Disease di masyarakat. Seperti pembentukan Kampung Siaga Covid-19 di RW 09, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan.

Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kampung Siaga Covid-19 RW 09 Pengasinan, Iqbalur Ramadan, berbagai program terdapat di Kampung Siaga Covid-19 di wilayahnya. Program dan agenda kegiatan tersebut dilakukan untuk mengedukasi warga seputar pencegahan Coronavirus.

"Delapan RT kami sudah melakukan pendataan warga dengan risiko tinggi, seperti lansia, serta orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu," ujar Iqbal, sapaan akrabnya, kepada  berita.depok.go.id  di Pengasinan, Jumat (17/04/20).

Selain itu, ujarnya, di wilayahnya juga sudah tidak ada lagi yang mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan orang. Mulai dari pengajian, rapat, arisan, kebaktian, posyandu, ataupun hajatan. Tidak lupa, imbuhnya, setiap rumah sudah dibagikan cairan antiseptik.

“Kami juga mengadakan aksi bersih lingkungan, menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik, dan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Kami juga punya tagline menghadapi covid-19 dengan menghadapinya secara Tenang, Pahami, dan Tanggap (Cepat),” katanya.

Dikatakannya, bagi warga yang membutuhkan konsultasi dengan tenaga psikolog profesional akan difasilitasi melalui para relawan yang tergabung dalam Kesehatan Mental Indonesia (KMI). Dengan begitu, kesehatan mental warga RW 09 juga terjaga. 

"Satgas Kampung Siaga Covid juga telah membuat rumusan tata laksana kasus, apabila warga merasakan gejala Covid-19. Bagi warga yang merasakan gejala, silakan menghubungi call center di 112/119 atau Puskesmas Pengasinan, kemudian warga diminta melaporkan diri ke ketua RT, hasil diagnosa awal via telepon atau WA dengan Puskesmas,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan kekompakan warga, diharapkan bisa menghalau Covid-19 di wilayahnya. Serta selalu menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tetap di rumah saja.

"Hindari kerumunan, dan selalu memakai masker jika hendak ke luar rumah," tutupnya.(JD 06/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?