Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, meninjau langsung penggunaan wifi gratis di lingkungan RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (25/03/2021). (JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono memantau langsung pemanfaatan wifi gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Pemantauan dilakukan di RW 01 dan RW 16, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menjelaskan, wifi gratis yang disediakan oleh Pemkot Depok mendapat respon yang baik dari warga. Bahkan, imbuhnya, fasilitas tersebut tidak hanya untuk PJJ saja, tapi  dimanfaatkan juga bagi pengembangan ekonomi kreatif. 

"Pagi dan siang dimanfaatkan buat pembelajaran para siswa. Sedangkan sore dan malam oleh ibu-ibu untuk keperluan pengembangan ekonomi kreatif atau pun keperluan pengajian," ujarnya kepada berita.depok.go.id, di RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (25/03/21). 

Dikatakannya, meski saat ini setiap kegiatan dilakukan secara dalam jaringan (daring), namun warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Dia berharap, dengan kesadaran ini dapat membantu menekan penyebaran Covid-19.

"Mudah-mudahan ini menjadi salah satu upaya kita menekan penyebaran Covid-19 sehingga pandemi ini segera berlalu," katanya. 

Dirinya juga berharap keberadaan wifi gratis  ini dapat dimaksimalkan oleh warga.Terutama, untuk menunjang pembelajaran siswa dan pengembangan diri bagi warga sekitar. 

"Kerena kalau dikhususkan untuk PJJ saja, kan waktu PJJ hanya sampai jam 12 siang, setelah itu kan sayang kalau tidak dimanfaatkan. Pemkot Depok menanggung pembayaran wifi ini hingga bulan Juni 2021," tandasnya.

Untuk diketahui, upaya mendukung pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saat ini Diskominfo telah memasang 1.345 titik wifi dari total 1.545 titik yang targetkan. Jumlah ini tersebar di sejumlah Rukun Warga (RW) di Kota Depok. (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?