Kepala Diskominfo, Manto usai menghadiri pembukaan Germas CTPS Goes To Shcool di Ponpes Darussalaam, Kecamatan Tapos, Senin (18/10/21). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Manto mengatakan, pelaksanaan Gebyar Germas Goes to School yang digelar serentak di 11 sekolah oleh pemerintah efektif dalam membudayakan hidup bersih dan sehat melalui cuci tangan pakai sabun (CTPS). Pasalnya, cakupan kegiatan tersebut cukup luas, mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA.

Menurut Manto, kebiasaan cuci tangan pakai sabun memang harus dimulai dari sekolah. Sebab, jika CTPS sudah membudaya di sekolah, maka anak-anak membawa kebiasaan tersebut ke rumah.

"Misalnya, seorang ayah pulang kerja dan lupa melakukan PHBS, maka anak bisa mengingatkan orang tuanya untuk mencuci tangan dan mengganti baju lebih dulu," tutur Manto kepada berita.depok.go.id, usai meninjau lokasi Gebyar Germas Goes to School di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Senin (18/10/21).

Dikatakan Manto, cuci tangan menggunakan sabun menjadi penting dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan konsisten, pihak sekolah ataupun pemerintah juga harus terus mengingatkan dan mengedukasi gaya hidup sehat tersebut.

"Ayo jadikan cuci tangan pakai sabun budaya kita semua," pungkasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?