Kepala Disdik Kota Depok, Wijayanto saat membuka kegiatan roadshow ruang literasi pendidikan anak secara daring di Pos PAUD Seruni, Selasa (15/02/22). (Foto: Tangkapan Layar)

berita.depok.go.id- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Wijayanto mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus berorientasi pada Holistik Integratif (HI). Menurutnya, semua yang ada pada diri anak, baik kecerdasan hingga gerak-geriknya harus menjadi target pendidikan.

"Semua yang ada pada anak menjadi target pendidikan baik kecerdasannya, fisiknya, emosionalnya, hingga gerak-geriknya harus menjadi target pendidikan," ujar Wijayanto, kepada berita.depok.go.id, saat membuka kegiatan roadshow ruang literasi pendidikan anak secara daring di Pos PAUD Seruni, Selasa (15/02/22).

Dalam konteks PAUD HI, dirinya mengungkapkan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pendidikan, perlindungan, pembelajaran, kesehatan, gizi, pengasuhan, serta penjagaannya.

"Semua itu adalah target-terget dari pendidikan anak, anak tidak boleh lagi stunting, anak tidak boleh lagi tidak merasakan nyamannya belajar di sekolah, semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita," jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, setiap anak memiliki kecerdasan hingga kelebihan yang berbeda-beda. Anak juga pada dasarnya hebat, pintar serta merupakan calon generasi penerus masa depan bangsa.

"Kita lakukan roadshow ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengertian kepada insan PAUD. Metode yang dipakai kali ini dengan dongeng. Intinya walupun bentuknya dongeng, muatan-muatannya berorientasi pada target-target pendidikan holistik integratif," tandasnya. (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?