Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah.

berita.depok.go.id-Pengunjung Perpustakaan Umum Kota Depok dari tahun ke tahun kian meningkat. Peningkatan tersebut menandakan minat baca dan gemar membaca di Kota Depok semakin baik.

“Minat kunjungan ke perpustakaan sudah baik. Sebelum pandemi banyak masyarakat yang meminjam buku ataupun membaca langsung di Perpustakaan Umum Kota Depok,” tutur Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah kepada berita.depok.go.id, belum lama ini.

Kemudian, ucapnya, kunjungan ke e-Perpus Kota Depok juga sudah cukup banyak. Pihaknya, mencatat terdapat 252 kunjungan pada 15 Juni hingga 13 September 2020.

“Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, e-Perpus menjadi tempat alternatif bagi para pemustaka untuk mencari bahan bacaan. Perpustakaan masih ada yang buka hanya mengunakan sistem close access,” jelasnya.

Lebih lanjut, ungkap Siti, pada Hari Kunjungan Perpustakaan pihaknya memberikan sejumlah hadiah bagi tiga pengunjung pertama Perpustakaan Umum Kota Depok. Hadiah tersebut berupa tas jinjing, buku dan pernak-pernik perpustakaan.

Dikatakan Siti, peningkatan kunjungan perpustakaan ini berdampak pada tingginya angka minat baca dan gemar membaca di Kota Depok. Berdasarkan hasil survei Pemerintah Kota (Pemkot) pada tahun 2018, minat baca di Depok mencapai 63,94 persen. Kemudian pada tahun 2019 terjadi peningkatan menjadi 64,88 persen.

Lalu, untuk gemar membaca di Kota Depok pada tahun 2018 mencapai 55,04 persen, meningkat menjadi 55,66 persen pada 2019.

“Minat baca dan gemar membaca di Kota Depok dapat dikategorikan baik. Namun, kami bersama pegiat literasi di Depok ingin minat baca dan gemar membaca terus meningkat. Bahkan membudaya di masyarakat,” tandasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?