berita.depok.go.id-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok meminta masyarakat yang membutuhkan darah agar mencari donor pengganti. Pasalnya, saat ini ketersediaan darah untuk golongan apapun jumlahnya terus menipis.

"Kebijakan 'sosial distance' ini berdampak pada ketersediaan darah. Untuk itu, disarankan kepada masyarakat yang membutuhkan darah, untuk mencari donor pengganti. Bagaimanapun caranya," tegas Kepala UDD Kota Depok, Widya Astriyani, di ruang kerjanya, Rabu (18/03/20).

Selain itu, lanjut Widya, pihaknya juga membatalkan sejumlah kegiatan donor darah di pusat perkantoran maupun beberapa kegiatan besar. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap ketersediaan stok darah.

"Hampir semua kegiatan kami batalkan. Padahal pasien yang perlu darah, tidak bisa ditunda. Kami minta kerjasama dari pihak keluarga pasien yang membutuhkan," terangnya.

Dirinya menyebutkan, jumlah ketersediaan darah di UDD PMI Kota Depok per hari ini yaitu untuk golongan A sebanyak tujuh kantong, B sebanyak 65 kantong, AB sebanyak 10 kantong dan O terdapat 19 kantong. Dipastikan jumlahnya akan terus menipis.

"Besar harapan kami, masyarakat tetap menyumbangkan darahnya dengan mendatangi kantor PMI Kota Depok di Grand Depok City (GDC). Hal ini sebagai upaya membantu ketersedian kantong darah untuk pasien yang membutuhkan," pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?