Disperdagin Kota Depok melakukan monitoring harga kebutuhan pokok jelang lebaran di Pasar Cisalak, Senin (10/05/2021). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Tiga hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah,  ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok di Kota Depok masih terpantau aman dan terkendali, meski beberapa komoditi terjadi kenaikan harga. Hal tersebut diketahui berdasarkan pantauan yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Anim Mulyana mengatakan, monitoring harga kali ini dilakukan di Pasar Agung dan Cisalak. Terdapat sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan harga.

"Dari hasil monitoring ini, daging sapi murni rata-rata Rp150 ribu/kg di kedua pasar. Biasanya kalau normal sekitar Rp120 ribu/kg," katanya kepada berita.depok.go.id, usai monitoring harga di Pasar Agung, Senin (10/05/2021).

Selain itu, lanjutnya, cabe rawit merah juga mengalami kenaikan rata-rata Rp 65 ribu/kg. Peningkatan harga ini terpantau mulai H-7 Idulfitri.

"Namun, masih terbilang wajar naik jelang lebaran karena permintaannya tinggi dari konsumen," ujar Anim.

Dia menambahkan,  ayam kampung juga mengalami kenaikan harga. Dari biasanya Rp 60 ribu/kg, kini menjadi Rp115-120 ribu/kg. 

"Untuk ayam broiler masih stabil rata-rata Rp 35-40 ribuan/kg," ucapnya.

Lebi lanjut, ucap Anim, dari hasil pantauan hari ini, pengunjung di Pasar Agung dan Cisalak terpantau lebih ramai dari biasanya. Diperkirakan masih akan padat hingga H-1 jelang lebaran.

"Kami melalui UPT Pasar tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat, agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada di dalam pasar," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?