Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kota Depok hingga saat ini masih berlangsung. Seseorang yang sudah menjalani vaksinasi kerap mengalami reaksi tubuh ringan efek samping dari vaksin.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti, setelah vaksinasi biasanya timbul efek ringan seperti nyeri dan pegal di tempat suntikan vaksin, demam ringan, lemas, hingga lapar. Selain itu juga ada yang tidak merasakan gejala karena sesuai dengan imunitas dalam tubuh.

“Secara umum efek samping yang timbul dapat beragam, umumnya ringan, bersifat sementara, dan tidak selalu ada. Karena bergantung pada kondisi tubuh,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu(17/03/21).

Dikatakan May, jika merasakan efek ringan tersebut dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup. Kemudian, bagi yang mengalami demam dapat mengonsumsi obat penurun panas.

Lanjut May, efek samping vaksin tersebut akan bertahan selama satu hingga dua hari. Selama itu, masyarakat diingatkan untuk tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tetap perlu dimonitor.

“Tetap istirahat dengan cukup dan konsumsi makanan yang sehat,” tambahnya.

May berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan (protkes) walaupun sudah  melakukan vaksinasi. Selain itu juga menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan bugar.

“Protkes tetap harus dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin. Vaksinasi menjadi upaya tambahan untuk melindungi seseorang dari potensi penularan Covid-19, sehingga tetap membutuhkan protkes untuk memberikan perlindungan yang optimal.

“Vaksinasi itu tidak menjamin 100 persen tidak akan tertular. Namun sebagai upaya tambahan untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?