Petugas Puskesmas PGS saat melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di salah satu wilayah Kelurahan PGS. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) menegaskan masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah agar patuh terhadap protokol kesehatan. Selama isolasi mandiri tersebut, baik pasien konfirmasi positif maupun keluarga yang berstatus kontak erat wajib melakukan sejumlah protokol isolasi mandiri yang sudah ditetapkan.

"Masyarakat yang melakukan kontak erat agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama isolasi mandiri," tutur Kepala Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar kepada berita.depok.go.id, Senin (18/01/21). 

Lebih lanjut, untuk pasien konfirmasi positif harus menjaga jarak saat berada di rumah. Kemudian, menggunakan masker disarankan dengan masker bedah, serta beraktivitas dalam ruangannya sendiri. 

Selanjutnya, sambung dia, pasien juga harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, menghindari berbagi ruangan yang sama, di antaranya kamar mandi hingga dapur. Pasien juga harus berada di ruangan terpisah dengan ventilasi yang baik.

Lalu, alat yang dipakai pasien harus segera dibuang. Juga tidak berbagi alat makanan dengan keluarga lainnya. 

"Untuk anggota keluarga dari pasien juga diingatkan untuk jaga jarak, menggunakan masker, tidak bersama di dalam ruangan. Lalu, tidur di tempat yang berbeda sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?