Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani. (Foto: JD 08/Diskominfo).

berita.depok.go.id- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengimbau warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Terlebih, saat ini memasuki bulan Ramadan, dimana tren pendonor menurun.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengatakan, jumlah stok darah per hari ini, pukul 09.00 WIB tersisa golongan darah A sebanyak 140 labu, B 260 labu, AB 48 labu dan O 300 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan.

“Kami mengimbau warga supaya bisa mendonorkan darahnya, khususnya untuk golongan AB yang hanya tinggal 48 labu darah. Mengingat, saat ini bulan puasa, dimana tren pendonor menurun,” ujar Widya  di ruang kerjanya, Selasa (05/04/22).

Diakuinya, permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya. Pihaknya tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan.

“Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah," katanya.

Dirinya menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00 - 20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok. Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)  

YOUR REACTION?