Inspektur pada Irda Depok menyampaikan sambutan saat Raker Irda Tahun 2020 di Hotel Alana Sentul,  Kota Bogor.  (Diskominfo) 

berita.depok.go.id-Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok terus memperbaiki kinerja dengan melakukan evaluasi hasil pengawasan tahun 2019. Ke depan, pihaknya ingin memperdalam aspek manfaat dari hasil pengawasan tersebut, sehingga dapat memberikan manfaat positif terhadap pencapaian tujuan di setiap Perangkat Daerah (PD).

"Nantinya, kita tidak hanya menyampaikan laporan berupa kekurangan secara administratif. Lebih dari itu, menelusuri penyebab di balik kurangnya kelengkapan laporan, sambil menawarkan perbaikan dalam akuntabilitas, manajemen risiko dan juga perbaikan sistem pengendalian," kata Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin di Hotel Asana Sentul, Kota Bogor, Senin (03/02/20).

Firmanuddin merekomendasikan, pendalaman hasil evaluasi dilakukan tidak selalu melalui alat atau tools pemeriksaan. Namun, bisa juga dalam bentuk diskusi, konsultasi, atau pendampingan. 

Selain itu, sambungnya, apabila dibutuhkan, akan dilakukan pembinaan  terhadap staf atau petugas yang bersangkutan guna peningkatan kapasitas mereka.  

Misalkan, ucap Firman, dalam pembinaan pengelolaan terkait perpajakan sekolah. Peningkatan pemahaman terhadap hal ini,  bisa dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan perpajakan daerah, tentunya dengan berkoordinasi dengan  PD terkait.

"Diharapkan, dengan pendalaman ini, solusi yang ditawarkan menyentuh aspek yang lebih substansial. Selain agar kekurangan atau kesalahan yang dilakukan PD tidak terulang di kemudian hari," pungkasnya. (JD 07/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?