Suasana raker Irda Depok, di Hotel Alana Sentul Kota Bogor.  (Diskominfo) 

berita.depok.go.id-Raihan positif program kerja di tahun 2019, mendorong  Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu target yang ingin diwujudkan di tahun 2020, pihaknya menjadi mitra strategis bagi Perangkat Daerah (PD). 

"Dalam menyelesaikan masalah pendekatan kita bukan bersifat represif, namun persuasif. Ujungnya, menjadi mitra strategis bagi PD dalam menyelesaikan perencanaan program," kata Inspektur pada Irda Depok, Firmanuddin di Hotel Alana Sentul, Kota Bogor, Selasa (04/02/20). 

Firmanuddin menuturkan, caranya membuka pintu dialog bersama PD, membahas semua hal terkait kendala dalam penyelesaian program kegiatan. Misalkan, imbuhnya, Pengadaan LayananBarang dan Jasa, pengelolaan perpajakan, keuangan, atau Barang milik Daerah (BMD)

Dikatakannya, penyelesaian masalah tersebut menggunakan pendekatan penilaian pada tiga aspek di internal PD.  Yaitu Governance, Risk, dan Control (GRC).

Lebih lanjut, ucapnya, apabila dinilai ada kelemahan atau permasalahan, maka pihaknya akan mendorong PD agar  melakukan penguatan pada tiga aspek tersebut. Dengan demikian, imbuhnya, permasalahan atau kelemahan yang sama diharapkan tidak akan terjadi lagi.

Selanjutnya, sambung Firmanuddin, menjadi mitra strategis berarti mengajak seluruh PD untuk mengidentifkasi faktor risiko sejak awal perencanaan kegiatan. Dengan demikian, masing-masing PD memiliki catatan kemungkinan risiko yang akan dihadapi yang berpotensi menggagalkan ketika akan mengeksekusi kegiatan. 

"Dengan demikian, pengawasan berjalan efektif dan serapan anggaran bisa lebih maksimal," tutupnya. (JD 07/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?