Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id-Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok menyiapkan sebanyak delapan tim auditor untuk melakukan pengawasan terhadap Laporan Keuangan Sekolah. Kedelapan tim ini, nantinya menyasar 120 sekolah di Kota Depok.

"Perhitungan ini berdasarkan pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kita miliki. Apalagi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 15 hari," kata Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin di Balai Kota Depok, Rabu (29/01/20). 

Firman mengatakan, tahun ini selain sekolah negeri, pihaknya juga menargetkan sekolah-swasta. Namun demikian pengawasan tidak dilakukan di semua sekolah, melainkan satuan pendidikan yang dinilai perlu pendampingan lebih lanjut.

"Satu tim memegang 15 sekolah, sehingga totalnya ada sekitar 120 sekolah. Memang tidak semuanya diperiksa, kita berdasarkan catatan di tahun 2019, fokus pada sekolah-sekolah yang kurang dalam kelengkapan dan kesesuaian laporan keuangan," jelasnya.

Lebih lanjut, ucap Firman, pihaknya juga melakukan standarisasi pola kerja pemeriksaan laporan keuangan sekolah. Dengan demikian, siapapun auditornya nanti mereka akan dibekali kertas kerja yang komponen penilaiannya distandarisasi. 

"Nantinya saat evaluasi secara keseluruhan, kita lebih mudah dalam mengolah data dan menyimpulkan hasilnya," pungkasnya. (JD 07/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?