Pembangunan Jembatan Viscani oleh DPUPR Kota Depok di area Grand Depok City (GDC), Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya. (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok memiliki sejumlah program pembangunan infrastruktur strategis selama tahun 2021-2026. Program ini juga tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kami memiliki program di antaranya pedestrian jalan, penanggulangan banjir dan longsor, penanganan jalan dan jembatan serta pelebaran simpang jalan. Sebagian sudah berjalan di tahun 2021 dan sebagian lagi di tahun ini sampai 2026,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Kamis (20/01/22).

Dikatakannya, terdapat sembilan pekerjaan pedestrian jalan. Meliputi Jalan Margonda Raya, Jalan Komjen Pol M. Jasin, Jalan Cinere Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Kartini, Jalan Tanah Baru, Jalan Krukut Raya, Jalan Cipayung Raya, dan Jalan Dewi Sartika.

Sementara penanggulangan banjir dan longsor ada delapan pekerjaan.  Berupa normalisasi Kali Pesanggrahan, Kali Laya, Kali Angke, Masterplan pengendalian banjir, Penataan Situ Sawangan, penataan saluran sekunder Kali Cimpaeun, penataan saluran cabang tengah, dan penataan saluran cabang timur.

“Sedangkan Penanganan Jalan dan Jembatan ada enam titik. Di antaranya, pelebaran dan peningkatan Jalan Raya Tapos, penataan Jalan menuju akses Tahura, terusan Juanda dan lain-lain,” terangnya.

Terakhir, kata Citra, untuk pelebaran simpang jalan, terdapat sembilan kegiatan. Meliputi, Simpang Ramanda, Simpang Sengon, Simpang Tanah Baru, Simpang RTM, Simpang Al Huda, Simpang Abdul Wahab, Simpang Raden Saleh, Simpang Ar Ridho, dan Simpang Leuwinanggung.

“Mudah-mudahan pekerjaan ini semua bisa rampung di tahun 2026. Sehingga, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?