Pemkot Depok  saat menyambangi BPPTIK Cikarang guna membahas nota kesepakatan antara Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo dengan Pemkot Depok, tentang peningkatan kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika di Kota Depok, di Aula BPPTIK, Cikarang, Senin (10/01/22). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diikutsertakan dalam program peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Komunikasi dan Informatika oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Untuk mengikuti program yang dinamakan Government Transformation Academy (GDA) itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) berencana merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di bidang pelayanan.

“Untuk pelatihan digital ini, kami fokus pada ASN yang bekerja di bidang pelayanan, seperti ASN di kelurahan dan kecamatan. Baik bagi mereka yang sudah bisa sistem komputer maupun yang belum,” ujar Kepala BKPSDM Kota Depok Novarita, usai mengunjungi Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Cikarang, kemarin (10/01/22).

Dikatakannya, hal ini perlu dilakukan, mengingat bagian pelayanan sarat akan kegiatan surat menyurat. Adapun target pelatihan sebanyak 5.000 orang, namun kegiatan awal hanya diperuntukkan bagi 500 ASN.

“Pemkot diberi kuota sebanyak 5000 orang. Namun, saat ini akan kami coba 500 ASN dulu. Program GDA ini masih rencana, Insyaallah untuk penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU), dilakukan akhir bulan ini,” ungkapnya.

Nova menyebut, kerja sama ini sangat baik, khususnya bagi ASN Kota Depok. Dengan begitu, bisa meningkatkan kapasitas mereka.

“Upaya ini dilakukan agar seluruh ASN melek IT. Hal ini juga bagian dari Smart City. Mudah-mudahan rencana tersebut bisa segera terealisasi,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?