Camat Beji Hendar Fradesa saat pemaparan enilaian Lomba Sinergitas Kecamatan kepada Kecamatan Beji di kantor sementara Kecamatan Beji, Kamis (21/07/22). (Foto : JD01/Diskominfo) 

berita.depok.go.id - Kecamatan Beji memiliki beberapa konsep inovasi untuk dapat unggul dalam Lomba Sinergitas Kecamatan Tahun 2022 yang digelar oleh Bagian Pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok. Inovasi tersebut antara lain Smart Box, Ruang Diskusi dan Sinergitas (Rudin) serta Kecamatan Beji Bangun Sinergitas bersama Mitra atau (Kembang Sista).

Camat Beji Hendar Fradesa, mengatakan, tiga inovasi yang diusung semua demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Untuk Smart Box, inovasi digital  yang memberikan kemudahan dan sebagai wadah untuk inovasi-inovasi di Kecamatan Beji.

“Smart box memudahkan berbagai aplikasi direplikasi, diduplikasi dan diterapkan di wilayah lain dimanapun dan oleh siapapun. Terdapat beberapa inovasi kelurahan yang sudah berjalan dan bermanfaat di dalamnya, seperti  inovasi Antar Jemput Layanan bagi Lansia (Anjella) di Kelurahan Tanah Baru dan Pojok UMKM Online Kemiri Muka (‘Pok Uli) dan yang lainnya,” jelas Hendar kepada berita.depok.go.id, Jumat (29/07/22).

Selanjutnya, ujarnya, inovasi non digital Rudin, sebagai sarana prasarana yang dapat memfasilitasi proses komunikasi dan koordinasi untuk menghasilkan suatu kolaborasi yang baik. Sebab, dalam merumuskan suatu kebijakan pasti diawali dengan menjalin komunikasi efektif bukan hanya di aparatur kecamatan melainkan juga dengan para stakeholder  dan mitra strategis di wilayah.

“Rudin menjadi inovasi Kecamatan Beji dengan pemanfaatan Rumah Dinas Camat Beji sebagai Ruang Diskusi dan Sinergitas dirasa bermanfaat untuk merekatkan silaturahmi, kemitraan dan kerja sama dengan stakeholder di Beji," tuturnya. 

"Selain juga difungsikan menjadi Posko Penanggulangan Covid-19 dan Relawan Pemulasaraan Kecamatan Beji dalam masa pandemi Covid-19,” kata Hendar.

Lanjut dia, inovasi terakhir yakni  Kembang Sista, yang merupakan kelanjutan dari tersedianya sarana prasana pemanfaatan Rumah Dinas Camat Beji atau Rudin sebagai Ruang Diskusi dan Sinergitas. Dengan demikian, dapat terbentuk satu pola kemitraan antara Kecamatan Beji dengan para stkeholader di wilayahnya.

“Jadi dalam berbagai kondisi permasalahan di wilayah, bukan hanya dalam perencanaan pembangunan daerah saja. Tapi jugaikut dalam berbagai hal nyata sebagai bentuk kontribusi dan dukungan terhadap program Pemerintah Kota Depok,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

 

YOUR REACTION?