Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 Kecamatan Sukmajaya, Rabu (05/02/2020). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Indeks Ketahanan Keluarga (IKK) di Kecamatan Sukmajaya  mencapai  78,65 atau terbaik kedua setelah Kecamatan Tapos. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Rabu (05/02/20).

“IKK Sukmajaya sebesar 78,65 posisi kedua terbaik dari 11 Kecamatan yang ada, setelah Kecamatan Tapos,” kata Mohammad Idris.

Mohammad Idris menjelaskan, ada tiga unsur penilaian dalam IKK. Di antaranya, unsur fisik yang berkaitan dengan fasilitas penunjang ketahanan keluarga. Pemenuhan unsur fisik di Kecamatan Sukmajaya mencapai 79,17.

Kemudian, lanjutnya, untuk unsur sosial indeksnya sangat baik yaitu 85,50. Artinya warga  di kecamatan ini termasuk warga yang tinggi sosialisasinya.

 “Sementara unsur psikologis masih di bawah 70. Artinya tingkat kebahagiaan warga Sukmajaya masih kurang dan perlu ada peningkatan di tahun ini,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi menyebut, capaian terbaik kedua se-Kota Depok merupakan hasil  kerjasama seluruh stakeholder. Termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Sukmajaya.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat guna menjawab persoalan psikologis yang masih kurang indeksnya. Saat ini kami sedang fokus pada program penyembuhan diri (self healing) untuk lansia, menyiapkan bekal mental mereka di hari tua,” ucap Tito. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?