Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menghadiri Halalbihalal gabungan organisasi lansia di Grand Whiz Poins Simatupang, Jakarta, Selasa (28/06/22). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menegaskan, warga lanjut usia (lansia) merupakan bagian dari sasaran pembangunan yang harus menjadi perhatian semua pihak. Termasuk, Pemerintah Kota Depok yang sangat memperhatikan kesejahteraan lansia.

"Kami akan dorong aktivitas daya dukung kesehatan, ekonomi, dan sosial lansia dengan menggali informasi dan membuat kebijakan agar lansia Kota Depok lebih bahagia," katanya saat menghadiri Halalbihalal gabungan organisasi lansia di Grand Whiz Poins Simatupang, Jakarta, Selasa (28/06/22).

IBH menuturkan, ada tiga masalah yang kerap dihadapi oleh lansia. Pertama adalah kesehatan. 

"Karena lansia pasti akan mengalami penuaan, maka diperlukan strategi untuk pencegahan dan penanganannya agar kesehatannya mereka tetap terjaga," katanya.

Berikutnya  adalah masalah ekonomi dan sosial. IBH mengajak para lansia untuk bergabung dalam organisasi lansia agar tetap bersosialisasi dan tidak merasa sendiri.

"Apapun organisasinya yang penting menjadi tempat bercengkrama bagi para lansia agar mereka semakin bahagia dan tidak merasa sendiri," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia sekaligus Ketua PKK Graseka Posbindu Limo, Tjiptaningsih Hadisuryo menjelaskan, halalbihalal rutin digelar setiap tahun untuk mempererat silaturahmi. Sekaligus membangun sinergisitas antar organisasi lansia yang tergabung di dalamnya.

Dirinya menyebutkan, ada beberapa komunitas lansia yang mengikuti kegiatan ini. Antara lain Graseka, Perhimpunan Gerontologi Indonesia (Pergeri) Kota Depok, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Universitas Respati Indonesia, Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia, dan Ling Tien Kung.

"Pemkot Depok adalah mitra bagi kami, dan kami berharap Pemkot memberikan fasilitas yang terbaik untuk lansia, salah satunya memperbanyak pertemuan seperti ini," ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?