Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono membuka acara Pasar Pengabisan dalam rangkaian Lebaran Depok, di Perumahan Shila At Sawangan, Sabtu (04/06/22). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Indonesia mempunyai banyak warisan budaya dari berbagai daerah dengan ciri khas berbeda, termasuk Kota Depok. Menurutnya, tradisi Lebaran Depok merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan.

"Lebaran Depok adalah peninggalan nenek moyang yang sudah dilakukan sejak dahulu, kini kita harus lestarikannya agar dikenal banyak orang," kata IBH saat membuka acara Pasar Pengabisan dalam rangkaian Lebaran Depok, di Perumahan Shila At Sawangan, Sabtu (04/06/22).

IBH menyebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam melestarikan budaya Depok. Di antaranya, mempelajari budayanya dan mendalami atau mengikuti setiap kegiatan yang berhubungan dengan budaya Depok.

"Salah satunya Lebaran Depok ini, semua warga Depok datang dan ramaikan. Banyak produk asli Depok seperti tape uli, dodol, asinan dan lain sebagainya," ujarnya.

Lebih jauh, kata IBH, setelah mempelajari dan mengenal budaya Depok, cara lain yang dapat dilakukan adalah memperkenalkan budaya  dengan berbagai macam metode agar diketahui secara luas. Misalnya memasukkan seni beladiri pencak silat ke dalam esktrakurikuler di sekolah.

Setelah itu, lanjutnya, budaya harus mempunyai identitas. Identitas budaya Depok dapat dilihat dari peci atau kopiah dan batik. Kota Depok banyak memiliki motif batik khas, salah satunya Gong Si Bolong.

"Setiap Jumat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Depok juga sudah terapkan memakai pakaian khas Depok. Ini bukti menunjukkan identitas kita agar budaya Depok tidak hilang," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?