Kepala DKUM, Mohammad Fitriawan bersama narasumber dan para peserta Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) tahun 2020. (Istimewa).

berita.depok.go.id- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mencatat, sejak 2016-2020, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 1.300 Wirausaha Baru (WUB). Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro yang baru memulai usaha.

"Setiap tahun kita melatih 200 WUB yang sudah lolos seleksi. Sementara tahun ini ada sekitar 475 WUB yang kita latih. Mereka terbagi dalam dua angkatan," tutur Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan kepada berita.depok.go.id, Senin (07/12/20).

Dikatakannya, terdapat berbagai materi pelatihan yang diberikan kepada para WUB. Di antaranya, dinamika kelompok, mindset kewirausahaan, ide bisnis, pengembangan jaringan usaha, membentuk mental sukses, perilaku custumer, marketing dan operasional bisnis.

Selain diberikan materi di dalam kelas, sambungnya, peserta juga diajak mengunjungi tempat usaha yang sudah berkembang di Kota Depok. Di lokasi usaha ini, peserta mendapatkan contoh usaha yang sukses dengan aneka dinamikanya.

“Pelatihan WUB semacam pintu masuk untuk membuka atau memulai bisnis secara lebih baik lagi. Peserta yang telah mengikuti pelatihan ini akan diprioritaskan untuk mengikuti pembinaan dari Pemkot Depok, seperti pelatihan keamanan pangan, desain produk, digital marketing dan sebagainya,” tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?