Lurah Sukatani, Cahyanto (kanan) bersama Kepala UPTD Puskesmas Sukatani, Rika Astiti (kiri). Foto : (Istimewa).

berita.depok.go.id-Lurah Sukatani, Cahyanto meminta kepada warga yang ingin melakukan vaksinasi untuk lebih dulu mendaftarkan diri kepada RT-RW. Langkah tersebut demi mencegah kerumunan jika pendaftaran dilakukan di tempat vaksinasi atau kelurahan.

Cahyanto mengatakan, di wilayah Sukatani, pendaftaran vaksinasi melalui RT-RW. Kelurahan hanya menerima data warga yang sudah mendaftar vaksinasi dari RT-RW.

"Ini kami lakukan guna mencegah kerumunan yang dapat terjadi jika pendaftaran dilakukan di kelurahan," tutur Cahyanto kepada berita.depok.go.id, Kamis (02/09/21).

Selain itu, ucapnya, upaya tersebut dilakukan guna mempermudah kelurahan dalam mengkoordinir warga yang akan mengikuti vaksinasi. Jika ada program vaksinasi seperti sekarang, kelurahan akan berkoordinasi dengan RT-RW untuk segera mengirimkan data warga yang sudah mendaftar.

"Kalau melalui RT-RW kelurahan tinggal berkoordinasi dengan RT-RW. Kalau daftar perorangan kami harus menghubungi warga satu-satu, sehingga penjadwalan memerlukan waktu dan tidak efektif," terangnya.

Lebih lanjut, ucapnya, misalnya seperti vaksinasi massal yang sedang berlangsung sekarang ini, yang dilaksanakan pada tanggal 1-5 September 2021 dengan tajuk, Gebyar Vaksinasi Kota Depok. Kuota untuk vaksinasi ini sudah penuh, sebab kelurahan sudah menghimpun data pendaftar vaksin sejak dua pekan sebelumnya.

"Kelurahan memberikan kuota pendaftaran vaksinasi ke RT-RW. Kemudian, RT-RW mengirimkan data warga yang sudah mendaftar," imbuhnya.

Selanjutnya, ujarnya, kelurahan akan membuatkan jadwal vaksinasi untuk warga yang datanya sudah dikirim ke kelurahan. Untuk, warga yang belum mendapatkan jadwal akan dimasukan pada program vaksinasi selanjutnya.

Terakhir, ia berpesan kepada warga Sukatani yang ingin melakukan vaksinasi dapat mendaftar ke RT-RW dengan membawa fotokopy KTP dan Kartu Keluarga (KK). Setelah itu, RT-RW akan menginput berkas tersebut ke dalam data pendaftar vaksin yang akan dikirim ke kelurahan jika ada program vaksinasi.

"Jadi saat ini kelurahan tidak melayani pendaftaran vaksinasi. Semoga semua warga Sukatani dapat divaksin agar mempunyai imunitas yang baik," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?