Foto: Wali Kota Depok, Mohammad Idris

berita.depok.go.id – Pemerintah Kota Depok telah mengambil langkah taktis dengan melakukan rapid test, guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Terhitung mulai hari ini, seluruh rumah sakit di Kota Depok yang merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah melaksanakan rapid test. 

“Untuk pelaksanaan rapid test di Depok akan dimulai hari ini secara simultan dari rumah sakit-rumah sakit yang  merawat PDP,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada berita.depok.go.id, Rabu (25/03/20).

Mohammad Idris menerangkan, rapid test ini hanya diperuntukkan bagi PDP dan tenaga kesehatan Rumah Sakit yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Serta tenaga kesehatan yang tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. 

“Rapid test hanya untuk PDP dan tenaga kesehatan yang kontak erat dengan pasien positif, dan mereka yang tidak menggunakan APD lengkap,” jelasnya.

Selain di rumah sakit yang khusus merawat PDP, sambungnya, rapid test juga akan dilaksanakan di Puskesmas. Rencananya, pelaksanaan tes ini  mulai Kamis (26/03/20).

Dia menambahkan, rapid test di Puskesmas diperuntukkan bagi PDP yang melaksanakan isolasi mandiri. Serta Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan tenaga kesehatan Puskesmas yang kontak erat dengan pasien positif, dan tidak menggunakan APD lengkap.

“Bagi PDP dan ODP nantinya akan diundang atau diberitahukan oleh petugas untuk waktu pelaksanaan rapid testnya,” tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?