Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id-Kota Depok termasuk salah satu wilayah yang melaksanakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) melalui Gerakan Pelayanan KB Sejuta Akseptor sesuai arahan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sebanyak 12.222 akseptor KB menjadi target dalam pelaksanan Harganas di Kota Depok tahun 2020.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, dari 12.222 akseptor KB terdiri dari 324 yang IUD dan implant, KB suntik sebanyak 1.541 orang, serta pil atau kondom sebanyak 10.357 orang. Semua akseptor ini tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Persiapan yang dilakukan Depok tidak lepas dari kolaborasi dan persiapan yang sangat baik, termasuk oleh Tim Penggerak Desa (TPD), Penyuluh Lapangan KB (PLKB) yang kesemuanya dikoordinir oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok,” kata Elly Farida kepada berita.depok.go.id di UPTD Puskesmas Beji, Senin (29/06/20).

Dia menuturkan, untuk menyukseskan program ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggandeng sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes). Di antaranya 38 Puskesmas, 51 Faskes Swasta, dan 367 Praktik Bidan Mandiri.

“Semuanya tersebar di 11 kecamatan dan akan dilakukan dengan baik sesuai dengan arahan BKKBN Pusat,” tuturnya.

Lebih lanjut, ujarnya, di tengah kondisi pandemi Coronavirus (Covid-19), tidak menghalangi Pemkot Depok untuk terus melakukan upaya pengaturan pasangan usia subur di Depok. Salah satunya dengan program akseptor KB dalam rangka Harganas ini.

“Ini bentuk perwujudan Depok yang berketahanan keluarga dengan meningkatkan program yang telah kami lakukan,” tandasnya. (JD 06/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?