Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung, Anungrah Sri Handayani .

berita.depok.go.id-Coronavirus Disease-2019 atau Covid-19 dapat dicegah dengan menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain menerapkan 3M, masyarakat juga harus menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung, Anungrah Sri Handayani menuturkan, selain melakukan pencegahan dengan 3 M masyarakat juga harus menerapkan PHBS dalam kesehariannya. Sebab, dengan menerapkan PHBS maka imunitas tubuh dapat meningkat dan bisa meminimalisir dampak Covid-19.

"Meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta air putih yang sesuai dengan kebutuhan badan. Kemudian olah raga teratur, tidur yang cukup dan mengelola stres juga dapat mencegah atau meminimalisir dampak Covid-19 terhadap badan kita," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (09/10/20).

Lebih lanjut, ucapnya, masyarakat juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri. Sebab, dengan memasak sendiri terjamin kebersihannya, jika terpaksa membeli sebaiknya tidak makan di tempat. 

“Untuk pemilihan jenis makanannya bebas saja, tapi sebaiknya mengandung komponen makanan dengan gizi seimbang. Yaitu karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak tak jenuh,” terangnya.

Meski demikian, ujarnya, asupan makanan harus disesuaikan dengan kondisi masing masing orang. Misalnya bagi penderita maag kronis, maka harus menghindari konsumsi kopi, teh dan makanan yang merangsang produksi asam lambung.

 “Kalau semuanya sudah kita lakukan, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT, supaya kita selalu diberikan nikmat sehat dan selamat,” pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?