Camat Limo Sudadih. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Camat Limo, Sudadih mengimbau warganya agar tetap waspada menghadapi musim hujan yang disertai angin kencang di Kota Depok. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek).

“Warga Kota Depok khususnya Limo harus terus waspada mempersiapkan semuanya. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan,” katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (09/03/22).

Selain itu, ujar dia, empat kelurahan di wilayahnya yakni Limo, Meruyung, Grogol dan Krukut juga diminta siaga menghadapi musim penghujan. Para lurah diinstruksikan untuk memetakan wilayah rawan bencana, baik banjir maupun longsor. 

"Saya dalam rapat mingguan terus mengingatkan kepada para lurah untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan. Sebab, awal tahun 2020, Limo pernah mengalami banjir karena luapan air sungai di Kelurahan Meruyung,” ucapnya.

Dikatakannya, tak hanya meningkatkan kewaspadaan bencana, sambung Sudadih, penguatan terhadap sosialisasi menjaga lingkungan juga harus semakin massif. Sebab, banjir maupun bencana lainnya itu bisa dicegah. 

"Makanya saya terus mengingat juga program kerja bakti harus dirutinkan. Kegiatan-kegiatan membersihkan lingkungan tentu dengan protokol kesehatan,”jelasnya.

Sudadih menambahkan, intensitas hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan penyakit. Apalagi ditambah lingkungan yang mendukung berkembangnya penyakit di musim hujan.

“Kita sedang menghadapi pandemi Covid-19. Karena itu, kita harus bisa mencegah penyakit lainnya, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). Ini harus terus di gesa, baik kewaspadaanya, pencegahannya hingga penanganannya,” tutupnya. (JD 03/ED 02/EUD02)

 

YOUR REACTION?