Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) didampingi Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi (kanan) saat sambutan di ruang pertemuan RS Citra Medika, Jumat (02/10/20). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau pasien terkonfirmasi positif Covid-19, khususnya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) untuk tidak melakukan isolasi mandiri di rumah. Menurutnya, sesuai dengan penelitian terbaru, tingkat infeksi penyebaran di rumah cukup berisiko.

"Dulu teorinya OTG langsung isolasi mandiri di rumah, penelitian membuktikan itu bahaya. Kebijakannya sekarang barangsiapa yang positif tanpa gejala dia harus isolasi mandiri tidak di rumah," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers di RS Citra Medika, Kalimulya, Cilodong, Jumat (02/10/20).

Dia mengemukakan, terdapat tiga alternatif pilihan untuk pasien OTG melakukan isolasi mandiri. Di antaranya, rumah sakit, gedung milik pemerintah, dan hotel yang ditunjuk sebagai tempat isolasi.

"Seperti di Depok ada RS Citra Medika dan Wisma Atlit Cilodong," ujarnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini menuturkan, mayoritas pasien Covid-19 di Kota Depok berstatus OTG. Kasus terbanyak juga disebabkan oleh klaster rumah tangga atau keluarga yang mulanya datang dari perkantoran di DKI Jakarta.

Emil berharap, kedatangannya ini membawa energi positif untuk Pemerintah Kota Depok dalam menanggulangi penyebaran wabah virus Corona. Salah satunya mendorong percepatan pemanfaatan Wisma Atlit Kostrad Cilodong sebagai tempat isolasi mandiri.

"Saya minta Pjs Wali Kota dan Kadinkes Depok untuk maksimalkan persiapan, sehingga pasien OTG di rumah bisa kita pindahkan ke Wisma Atlit Cilodong," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?