Program Gesang Purbasari saat mengunjungi rumah warga yang menjalani isolasi mandiri. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 14 Kelurahan Mekarsari, Lisa Meliawati berhasil mendapatkan juara pertama perlombaan yang digelar Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Cimanggis. Keberhasilan tersebut berkat inovasi Gerakan Sayang Tetangga (Gesang) Perhatian, Bantuan, Edukasi, dan Kolaborasi (Purbasari) bagi warga yang sedang menjalani isolasai mandiri (isoman).

Dirinya menjelaskan, inovasi tersebut diciptakan untuk memberikan perhatian lebih kepada warga yang sedang isoman. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengecekan kesehatan, membantu melaporkan ke Puskesmas, memberika obat-obatan serta bantuan logistik lainnya.

“Dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD) saya bantu warga yang isoman dengan mengecek kesehatan mereka. Mulai dari tensi darah, temperatur suhu badan, hingga saturasi oksigen,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (25/08/21).

Dikatakan Lisa, pihaknya juga memberikan obat-obatan yang bersifat sementara untuk mengurangi gejala. Seperti, obat penurun panas, obat lambung, obat pereda batuk, dan vitamin.

Kemudian, untuk bantuan logistik tersedia lumbung pangan yang memberikan bantuan bahan pangan selama 14 hari dengan ketentuan seminggu dua kali pemberian.

“Juga kami berikan bantuan lain berupa makanan dan kebutuhan sehari-hari untuk membantu memenuhi warga isoman,” tambahnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan edukasi ke warga isoman terkait cara menjalani isolasi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Lalu, rutin melakukan penyemprotan disinfektan baik di rumah warga isoman maupun lingkungan RW 14.

Ia menambahkan, semua bantuan yang diberikan tersebut bersumber dari swadaya masyarakat. Serta dengan tradisi jimpitan dan sedekah harian minimal Rp 500 setiap pagi.

“Semoga melalui program dan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga isoman,” tandasnya. (JD02/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?