Koleksi buku yang ada di TBM Kedaung. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Menjadikan kegiatan membaca sebagai kegemaran terus digaungkan oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kelurahan Kedaung. Salah satunya, dengan melengkapi koleksi buku-buku yang hingga kini jumlahnya sudah ribuan.

Pengelola TBM Kelurahan Kedaung, Baldan Fathullah mengatakan, ribuan buku tersebut berasal dari pemberian donatur dan anggotanya. Warga bisa meminjam untuk dibawa pulang dengan prosedur yang berlaku.

"Mulai dari novel, cerita anak bergambar. Ada pula buku mata pelajaran sekolah. Jadi bagi warga yang berniat meminjam buku bisa datang ke TBM Kelurahan Kedaung," kata Baldan kepada berita.depok.go.id, Selasa (19/10/21).

Baldan menuturkan, bagi warga yang ingin meminjam buku bisa melakukan registrasi. Yakni dengan mencatat data diri, buku yang dipinjam dan batas akhir pengembalian.

Dikatakan Baldan, batas waktu peminjaman hanya dua minggu, setelah itu warga sebagai peminjam harus melakukan registrasi ulang. Jika Buku yang dipinjam hilang, maka warga harus menggantinya.

"Gantinya bisa dengan buku dengan judul yang berbeda dari yang dipinjam," tutur Baldan.

Baldan menjelaskan, keberadaan TBM bisa memberikan kemudahan bagi warga khususnya anak-anak dalam mengakses berbagai macam literasi. Kemudian, bisa mempersempit hal-hal negatif dan menjadi sentra pemberdayaan sekaligus menambah keahlian generasi muda.

"Lewat TBM juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan Kota Depok Layak Anak, minimal membentuk satu RW satu taman bacaan," tutupnya. (JD 10/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?