berita.depok.go.id-Tingkatkan kepedulian warga di masa pandemi Corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggagas Nyaba Tetangga Online. Program ini, tujuannya untuk melihat lebih spesifik kondisi kesehatan dan ekonomi warga, khususnya tetangga terdekat.

Wali Kota Depok, Mohammas Idris mengatakan, program Nyaba Tetangga Online dikuatkan melalui Instruksi Wali Kota (Inwal) Depok Nomor 3 Tahun 2020. Yaitu Tentang Program Peduli Terhadap Tetangga.

"Teknisnya, Ketua RT mengaktifkan sosial media (sosmed), seperti aplikasi Whatsapp, Twitter, atau sosmed lainnya,  yang melibatkan seluruh warga di sekitarnya. Interaksi dan komunikasi dioptimalkan melalui sosmed," kata Mohammad Idris, kepada  berita.depok.go.id, Selasa (05/05/20).

Dikatakannya, jika dalam interaksi online tersebut ditemukan ada warga yang sakit, maka harus segera ditanyakan perlu atau tidaknya gejala penyakitnya tersebut ditangani dokter. Namun, jika menunjukkan gejala virus Corona, sambungnya, maka Ketua RT harus melaporkan hal ini ke ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 di wilayah tersebut.

"Agar segera ditangani Ketua Satgas dengan melaporkan warganya tersebut ke Puskesmas," tuturnya.

Mohammad Idris menambahkan, adapun jika ditemukan ada warga yang terdampak secara ekonomi. Maka warga setempat yang memiliki kelebihan harta atau makanan diharapkan segera berbagi.

"Terakhir kami instruksikan juga kepada pamong camat dan lurah, melaporkan hasil dari Nyaba Tetangga online ini secara periodik," pungkasnya.  (JD 07/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?