Rak buku yang sudah direkondisi dan diberikan ke Rumah Baca Bunda Anna di Kelurahan Pondok Petir. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-ForumTaman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Depok melakukan inovasi dan berbagi di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan mengadakan giveaway (bagi-bagi) rakbuku rekondisi.

 "Awalnya,ibu-ibu di lingkungan kami ada yang suka berjualan barang-barang bekas. Suatu ketika ada rak buku. Akhirnya kami terpikir untuk membeli rak buku tersebut dan merekondisinya untuk diberikan kepada TBM yang ada di Kota Depok," tutur Ketua FTBM Kota Depok, Aji Balad, kepada berita.depok.go.id, belum lama ini.

 Dirinya mengatakan, pihaknya melakukan rekondisi rak buku tersebut dengan memperbaiki dan mengganti bagian-bagian yang rusak. Sedangkan, ada tiga rak buku yang sudah direkondisi dan dibagikan.

 "Kami membagikan ketiga rak buku itu ke Rumah Baca Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia di Kelurahan Mampang, Taman Baca Adwa'adiba Kelurahan Sukamaju Barudan Rumah Baca Bunda Anna di Kelurahan Pondok Petir," jelasnya.

 Dikatakannya, kegiatan ini mendapat respons positif dari pengelola TMB. Untuk itu, program kolaborasi FTBM dengan Komunitas Babakulan dan Komunitas  Warga Peduli Lingkungan (WPL) tersebut akan menjadi program rutin guna meningkatkan literasi Kota Depok.

 Di tempat berbeda, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, langkah yang dilakukan FTMB Kota Depok merupakan bentuk kepedulian para pegiat literasi terhadap TBMlain untuk memenuhi sarana dan prasarana.

 "Semoga dengan kegiatan itu akan menambah motivasi dan semangat untuk terus menebar virus literasi. Tujuannya agar meningkatkan gemar membaca di masyarakat,"pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

Salah satu rak buku yang sedang direkondisi.

YOUR REACTION?