Inspektur pada Irda Depok, Firmanuddin (tengah) didampingi Sekretaris Irda Depok, Syafrizal (kedua dari kiri) pada Renja PD Irda Depok tahun 2023 di Balai Kota Depok, Rabu (23/02/22). (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id -  Forum Rencana Kerja (Renja) Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok Tahun 2023 menghasilkan tiga program unggulan. Di antaranya, program Penunjang Urusan Pemerintah Daerah (Pemda), program Penyelenggaraan Pengawasan serta program Perumusan Kebijakan, Pendampingan dan Asistensi.

Inspektur pada Irda Depok, Firmanuddin mengatakan, sembilan kegiatan terdapat di dalam tiga program utama tersebut. Pada program Penunjang Urusan Pemda terdapat lima kegiatan.

"Yaitu kegiatan perencanaan, penganggaran dan evaluasi kinerja PD. Lalu, administrasi umum PD, administrasi keuangan PD, administrasi kepegawaian PD dan yang terakhir pemeliharaan barang milik daerah penunjang urusan Pemda," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai Forum Renja Irda Kota Depok 2023 di ruang rapat Irda Kota Depok, Rabu (23/02/22).

Kemudian, ujar dia, dua kegiatan terdapat di program Penyelenggaraan Pengawasan. Yaitu, penyelenggaraan pengawasan internal dan penyelenggaraan pengawasan dengan tujuan tertentu.

Lanjut Firman, pada program Perumusan Kebijakan, Pendampingan dan Asistensi mempunyai dua kegiatan. Antara lain, perumusan kebijakan teknis di bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan, lalu pendampingan dan asistensi.

Firman menuturkan, melalui program-program tersebut, pihaknya berkomitmen membantu meningkatkan kinerja PD lainnya. Sebab, kinerja PD secara kumulatif merupakan kinerja Kepala Daerah.

"PD punya target program, kegiatan dan sub kegiatan atau target lain yang harus dicapai. Tentunya dalam penyelenggaraannya harus ada aspek akuntabilitasnya dan aspek ini harus diuji melalui pengawasan," terangnya.

Dia menambahkan, Irda Kota Depok mempunyai tools atau alat pengawasan. Selain juga memiliki upaya audit, review, evaluasi, monitoring dan konsultasi melalui kegiatan sosialisasi, asistensi dan pendampingan seluruh PD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Dengan hal tersebut diharapkan tercipta Good Goverment di lingkup Pemkot Depok," tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?