Lurah Kalibaru, Zaenur Ahmad (tengah) bersama pengurus Forum Anak, usai menggelar rapat koordinasi di Aula Kantor Kelurahan, kemarin, (15/06/21). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Setelah dibentuk kepengurusan baru periode 2021-2023, Forum Anak Kelurahan Kalibaru menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama stakeholder yang tergabung dalam Gugus Tugas Kota Layak Anak (GTKLA) tingkat kelurahan. Selama dua tahun ke depan, forum anak didorong untuk dapat menunjukkan eksistensi melalui tugas pokok dan fungsinya di wilayah.

Lurah Kalibaru, Zaenur Ahmad menjelaskan, Rakor forum anak merupakan agenda rutin untuk merumuskan program kerja selama masa kepengurusan. Termasuk, mempertajam tugas mereka di lingkungan dalam membantu masyarakat dan pemerintah.

"Pengurus forum anak sudah di SK-kan sebagai wadah kreativitas para remaja di lingkungan. Mereka yang harus berperan aktif menjadi motor penggerak," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (16/06/21).

Dikatakannya, forum anak memiliki dua tugas utama yaitu sebagai pelopor dan pelapor. Pelopor atau agen perubahan minimal di lingkungan rumahnya, serta pelapor sebagai kelompok yang aktif menyuarakan hak anak.

"Anak adalah aset dan investasi bangsa yang harus mendapatkan haknya agar dapat tumbuh dan berkembang," katanya.

Zaenur berharap, forum anak fokus membuat agenda kegiatan di tiga bidang. Yaitu olahraga, kesenian, dan budaya.

"Kami memiliki sanggar betawi yang rata-rata pemainnya remaja. Pemuda di Kalibaru juga senang olahraga dan ternak ikan hias, itu sangat potensial untuk terus ditingkatkan," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?