Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi memaparkan rencana kerja perangkat daerahnya di tahun depan dalam Forum Rencana Kerja tahun 2023 secara virtual, Kamis (24/02/22). (Foto: Tangkapan Layar)

berita.depok.go.id - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) Tahun 2023. Terdapat tiga isu strategis yang ditetapkan.

Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi menjelaskan, isu pertama adalah peningkatan kualitas pasar rakyat yang nyaman. Kedua, menciptakan Industri Kecil Menengah (IKM) yang berdaya saing. Ketiga, peningkatan akses pemasaran produk-produk IKM.

"Ketiga isu ini yang akan jadi fokus kami di tahun depan sesuai dengan tema yang diangkat adalah pemulihan ekonomi sektor perdagangan dan perindustrian," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (24/02/22).

Zamrowi menyebut, pihaknya ingin produk-produk yang dihasilkan oleh IKM lebih berkualitas sehingga dapat dipasarkan hingga ke luar negeri. Alat kesehatan merupakan salah satu produk di Kota Depok yang berpotensi besar bersaing dengan produk serupa di pasar global.

"Untuk peningkatan daya saing produk IKM, kami juga akan meningkatkan penguasaan teknologi dan inovasi bagi para pelaku industri. Kami juga akan mengembangkan akses pemasaran produk IKM melalui promosi dan pencitraan produk, serta pameran baik dalam negeri maupun luar negeri atau ekspor," ucapnya.

Demi mencapai kualitas pasar rakyat yang nyaman, pihaknya mengambil tiga langkah konkret. Yaitu penyelesaian akses menuju pasar, peningkatan sarana dan prasarana perdagangan di dalam pasar, dan rehabilitasi kondisi bangunan pasar untuk memenuhi syarat SNI.

"Tahun ini kami sudah selesai membangun pasar di wilayah Sawangan, mungkin target berikutnya akan ada beberapa pasar lagi yang harus dibenahi," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?