Lurah Depok Jaya, Herman (kiri) memberikan sertifikat kepada Ketua RW yang wilayahnya sudah 100 persen Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan, pada Festival Depok Jaya Keren 2021, Sabtu (13/11/21). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Kelurahan Depok Jaya berkomitmen menggeliatkan kembali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Salah satunya melalui Festival Depok Jaya Keren 2021 yang telah diselenggarakan pada (13/11) lalu.

Lurah Depok Jaya, Herman mengatakan, event tersebut melibatkan sebanyak 140 pelaku usaha yang tergabung dalam UMKM Mandiri Pancoran Mas (Mapan). Produk yang dijajakan pun menarik minat banyak pengunjung.

"Kekuatan ekonomi keluarga salah satunya lewat UMKM. Maka dari itu, harus dikenalkan kepada masyarakat," ungkapnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (16/11/21).

Herman menuturkan, festival ini sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Sebab, menurutnya para UMKM termasuk bagian dari pahlawan, karena mereka mampu bertahan di tengah menurunnya perekonomian Indonesia.

Selain bazar makanan, lanjutnya, festival tersebut juga dirangkai dengan pentas seni. Seperti tarian, wushu, vocal grup, dan lainnya.

"Kami berharap festival ini adalah gerbang untuk UMKM bangkit dan optimis mengembangkan usahanya. Kami juga sudah memfasilitasi mereka terkait perizinan, pelatihan kemasan, dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?