Tampilan Aplikasi Siap Kompak dari BKPSDM Depok. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok merilis aplikasi Sistem Administrasi Kepegawaian dan Kompetensi Aparatur Kekinian (Siap Kompak). Aplikasi ini dinilai dapat mengefektifkan mekanisme pelayanan di Perangkat Daerah (PD) tersebut.

“Dengan adanya aplikasi Siap Kompak  diharapkan dapat mengintegrasikan dan menyempurnakan sistem informasi kepegawaian  yang sudah kami miliki," kata Kepala BKPSDM Depok, Supian Suri kepada  berita.depok.go.id, Selasa (27/10/20).

Dikatakannya, integrasi dan penyempurnaan ini, dapat memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang cepat, mudah, dan terukur.  Selain itu, imbuhnya, dapat memonitor proses pelayanan administrasi kepegawaian.

Supian menambahkan, pelayanan administrasi kepegawaian masih ada yang dilakukan secara manual atau melalui unit kerja di masing-masing Perangkat Daerah (PD). Kemudian, petugas atau penanggungjawab kepegawaian di unit organisasi memproses permohonan tersebut pada BKPSDM Kota Depok.

"Dalam mekanisme pelayanan seperti ini, didapatkan banyak kendala. Khususnya terkait masalah waktu yang tidak terukur terhadap pelayanan administrasi kepegawaian," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Supian, terkait peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok, masih dilakukan dengan cara pembelajaran konvensional atau tatap muka. Akibatnya, dibutuhkan alokasi anggaran yang cukup besar, yang menyebabkan tidak meratanya upaya peningkatan kompetensi di lingkungan Pemkot Depok.

"Melalui aplikasi ini juga, dapat memudahkan BKPSDM dalam memberikan informasi serta peluang kepada seluruh ASN untuk meningkatkan kompetensinya dari berbagai sumber. Baik dalam negeri maupun luar negeri dengan lebih efektif dan efisien," tutupnya. (JD 07/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?