Ketua TP PKK Kota Depok, Bunda Elly Farida saat memberikan arahan dalam Seminar Ketahanan Keluarga bertema tips cegah stunting bagi Ibu hamil sehat, melahirkan generasi kuat secara virtual, Kamis (09/12/2021). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menggelar seminar Ketahanan Keluarga bertajuk Tips Cegah Stunting bagi Ibu Hamil Sehat, Melahirkan Generasi Kuat. Seminar yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat ini, digelar guna mendukung program D'Sunting Menara yang digagas Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok.

Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, untuk mencegah dan menekan angka stunting perlu adanya kolaborasi dari pentahelix, salah satunya pemerintah. Seminar yang digelar secara virtual hari ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam program D'Sunting Menara atau Depok Bebas Stunting Menuju Kota Ramah Anak.

"DPAPMK sudah memulai kegiatan awal dukung D'Sunting Menara. Kami sangat berterima kasih karena satu tahun ke depan kurang lebih ada 600 kegiatan yang akan dilaksanakan," kata Bunda Elly, sapaannya, di sela-sela tersebut, Kamis (09/12/21).

Dijelaskannya, terdapat empat faktor untuk menentukan derajat kesehatan masyarakat. Yakni 40 persen faktor lingkungan, 30 persen perilaku, 20 persen kesehatan, dan 10 persen genetika (keturunan).

"Kami berharap target Kota Depok pada tahun 2026 angka stunting menurun menjadi 4,6 persen tercapai," tutur Bunda Elly.

Sementara itu, Sekretaris DPAPMK Kota Depok, Widiyati menjelaskan, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi mengenai pengasuhan anak dengan memenuhi hak-haknya yang dilakukan di kecamatan dan kelurahan. Karena setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pola asuh serta gizi yang benar dan cukup, agar dapat cerdas dan unggul.

Lanjut Widiyati, penguatan delapan fungsi keluarga sangat penting untuk membentuk keluarga bahagia dan sejahtera, salah satunya bebas stunting. Selain itu, pola asuh yang baik dimulai dengan pendekatan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan salah satu upaya mencegah stunting.

"Orang tua khususnya perempuan yang sedang mengandung sangat dianjurkan untuk mengonsumi makanan yang seimbang, halal dan bergizi," jelasnya.

"Dengan begitu, akan tercipta generasi yang baik, sehat, berkualitas dan bebas dari stunting," pungkasnya. (JD 05/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?