Sejumlah Satgas DPUPR Kota Depok melakukan normalisasi Kali Gendong di Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Jumat (18/09/20). (Foto :  Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menurunkan Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan normalisasi Kali Gendong di  Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis. Normalisasi dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait tumpukan sampah yang menutupi aliran kali tersebut.

“Awalnya ada pengaduan dari warga melalui media online dan laporan melalui call center, kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ke kami (DPUPR). Kami langsung kirimkan Satgas ke lokasi tersebut,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi, Jumat (18/09/20).

Dikatakannya, untuk melakukan normalisasi, sedikitnya satu regu yang terdiri dari 10 orang Satgas dikerahkan guna mengangkat tumpukan sampah dan sedimen pasir yang mengendap di kali tersebut. Adapun waktu pengerjaan sekitar empat hari.

“Kami targetkan empat hari rampung untuk pengangkatan sampah secara manual,” jelasnya.

Dadan juga menuturkan, pekan depan pihaknya akan mengirimkan alat berat berupa mini spider untuk memaksimalkan pengangkatan sedimen lumpur yang mengendap di kali.

“Rencana Senin (21/09) kami coba kirim alat berat, mudah-mudahan bisa masuk karena akses jalannya cukup kecil. Diharapkan upaya ini bisa memaksimalkan fungsi Kali Gendong yang letaknya berdampingan dengan Situ Gadok tersebut,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?