berita.depok.go.id-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok memastikan transfusi darah tidak akan menularkan virus Corona (Covid-19). Untuk itu, masyarakat diimbau agar mendonorkan darahnya guna mengatasi ketersediaan kantong darah yang terus menipis.

"Sejauh ini belum ada bukti atau temuan jika transfusi bisa menyebarkan virus Covid-19. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani, Rabu (18/03/20).

Dijelaskannya, seseorang yang ingin menyumbangkan darah akan melalui tahapan yang cukup ketat. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, hingga uji laboratorium terhadap darah yang telah diambil.

"Orang yang berdonor darah adalah orang yang sehat. Kemudian darah yang didonorkan akan melalui uji saring untuk memastikan darah yang siap ditrasfusi adalah darah yang sehat dan aman," terangnya.

Widya menyebut, prosedur yang dijalankan oleh PMI dalam pengelolaan darah adalah untuk menghasilkan darah yang aman bagi pasien yang harus diselamatkan. Diharapkan, dengan sterilisasi dan uji yang tepat, menghindari darah dari virus dan bakteri.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa rutin mendonorkan darahnya. Karena donor darah itu sehat," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?