Satgas Pohon DLHK Kota Depok melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan bangau Raya, beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id- Upaya mengantisipasi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok (DLHK) menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Pohon. Termasuk armada berupa dump truck untuk mengevakuasi pohon yang tumbang.

“Cuaca akhir-akhir ini cukup buruk. Kami sudah antisipasi dengan menyiagakan minimal 10 Satgas Pohon. Selain itu, dua unit armada berupa dump truck juga disiagakan untuk mengevakuasi pohon tumbang,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi, DLHK Kota Depok, Indra Kusuma, Selasa (08/03/22).

Dikatakannya, pihaknya juga siaga 24 jam dalam menerima laporan masyarakat terkait adanya pohon tumbang maupun pohon yang membahayakan. Sambungnya, cuaca ekstrem susah diprediksi. Untuk itu, masyarakat diimbau tetap waspada.

"Kami tidak bisa prediksi cuaca dan pohon rawan tumbang. Pohon yang teridentifikasi sehat, bisa saja rubuh akibat kekuatan angin yang begitu kencang. Kami juga sudah memberikan rambu terhadap sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa wilayah," tuturnya.

Indra meminta masyarakat untuk tanggap dan melaporkan jika ada potensi pohon tumbang. Mengingat hujan lebat dan angin kencang masih mengintai beberapa wilayah, tidak terkecuali Kota Depok. 

 Laporan bisa ditujukan kepada Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Markas Pohon di Posko Bibit, Jalan Bahagia Raya, Kecamatan Sukmajaya maupun ke kantor DLHK di Jalan Raya Bogor.

"Kami juga kerja sama dengan Dinas Damkar Kota Depok di lapangan, untuk memudahkan evakuasi pohon. Kami imbau masyarakat agar tidak berteduh dan menjauhi pohon jika terjadi angin kencang," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?