DLHK memberikan materi pemilahan sampah dalam kegiatan TOT K3, di Aula Kantor Kelurahan Pondok Jaya, kemarin (16/12/20). (Istimewa).

berita.depok.go.id- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengadakan sosialisasi terkait Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) kepada warga di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Upaya ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pemilahan sampah.

Staf Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Pertama, DLHK Kota Depok, Vira Pasisha, sekaligus pemateri menyebut, kegiatan ini merupakan Training of Trainer (TOT) K3 dalam memilah sampah, agar bisa diterapkan oleh masyarakat.

“Dalam kegiatan ini, kami tekankan masyarakat untuk membudayakan memilah sampah. Karena kami akui, kemauan masyarakat untuk memilah sampah saat ini naik turun, maka kami tak pernah bosan menggencarkan sosialisasi ini" ujarnya, usai kegiatan TOT K3, di Aula Kantor Kelurahan Pondok Jaya, kemarin (16/12/20).

Vira, panggilan akrabnya menambahkan, saat ini budaya memilah sampah secara mandiri belum dilakukan secara optimal oleh masyarakat. Kebanyakan mereka masih bergantung pada petugas-petugas yang mengangkut sampah.

“Dalam kegiatan ini kami berpesan kepada seluruh peserta dan masyarakat untuk bergerak bersama dalam mengelola sampah. Jangan lupa juga terapkan Reduce, Reuse, Recycle (6R) dalam menangani sampah," ucapnya.

Senada dengan itu, Lurah Pondok Jaya Mulyadi juga mengajak seluruh warganya untuk memilah sampah. Dia juga berpesan, jika sampah bisa dikelola dengan baik dan benar, maka bisa meningkatkan ekonomi.

"Kalau ada kemauan, pasti ada jalan, insya Allah akan menambah pundi-pundi rupiah. Mudah-mudahan masyarakat Pondok Jaya Bisa memanfaatkan peluang tersebut," ucapnya. (JD 08/ED 01/EUD2)

YOUR REACTION?