berita.depok.go.id-Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok meminta warga untuk segera melaporkan jika ada pohon yang rawan tumbang. Laporan bisa ditujukan kepada Emergency Call 112, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Markas Pohon di Posko Bibit, Jalan Bahagia Raya Sukmajaya maupun ke kantor DLHK di Jalan Raya Bogor.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengimbau masyarakat agar tak sungkan melapor ke dinasnya, jika ada pohon yang berpotensi roboh. Laporan warga sangat dibutuhkan oleh pihaknya guna meminimalisir kemungkinan terburuk dari tumbangnya pohon yang sudah tua.

“Satuan Tugas (Satgas) kami yang berjumlah 10 orang standby 24 jam untuk mengantisipasi adanya pohon yang tumbang. Saya meminta kepada masyarakat segera memberitahu jika ada pohon yang berpotensi membahayakan, sehingga dapat langsung kami tindaklanjuti,” ujarnya, Jumat (06/11/20).

Dikatakannya, saat ini ada beberapa wilayah yang sedang diawasi karena terdapat pohon rawan tumbang jika diterpa hujan deras dan angin kencang. Wilayah tersebut antara lain, di Jalan Sentosa Raya , Jalan Akses UI,  Jalan Juanda,  dan Jalan Raya Bogor.

“Dalam antisipasi pencegahan, DLHK fokus pada pohon-pohon yang berada dijalan besar. Namun, pada kasus kejadian pohon tumbang di rumah warga, kami sering juga diminta bantuan untuk penganganannya. Jadi, semua laporan yang masuk tetap kita tangani,” ucapnya.

Selain itu,kata dia, dalam menangani pohon tumbang, pihaknya bekerjasama juga dengan Damkar, Polres, Kodim dan pihak kecamatan. Semua itu dimaksudkan agar penyelesaian dampak bencana segera tertangani dengan cepat dan lebih baik.

“Kami rutin melakukan pemangkasan pohon rindang, jumlahnya sudah tidak terhitung. Setiap hari tim kami berkeliling,” tutup Ety. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?