Suasana pembekalan bagi calon pendamping wirausaha baru yang digelar DKUM Kota Depok di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis. (Foto : istimewa).

berita.depok.go.id - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, hari ini mengadakan pembekalan atau training of trainer bagi para calon pendamping program Wirausaha Baru (WUB). Kegiatannya berlangsung selama empat hari, dimulai 13-16 Juni 2022 di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis.

Kepala DKUM Depok, Dede Hidayat menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program WUB yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pendamping baik di tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan. Lalu, meningkatkan bimbingan baik secara teknis dan adminitrasi kepada para wirausaha baru.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan manajemen dan pelaporan kegiatan pendamping wirausaha baru," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Senin (13/06/22).

Dikatakannya, para pendamping akan diberikan pembekalan oleh narasumber yang berasal dari tim Sinergitas Kota Depok yang sudah berkompeten dan memiliki pengalaman dalam bidang entrepreneurship. Adapun materinya meliputi penetapan visi, misi dan sasaran, Bussines Model Canvas (BMC), produk, pasar dan persaingan, keuangan usaha, coaching skill, administrasi pendampingan, perizinan usaha serta comprehensive marketing.

"Pembekalan disampaikan dengan empat metode. Teori, praktek, diskusi dan simulasi," katanya.

Dirinya melanjutkan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 93 orang. Terdiri atas tujuh pendamping kota, 11 pendamping tingkat kecamatan, 63 pendamping tingkat kelurahan, serta 12 administrator.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini para pendamping dan administrator dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya berdasarkan komitmen yang telah disepakati. Kemudian, dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik.

"Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan sumber daya ekonomi lokal, dan perluasan kegiatan lapangan kerja di Kota Depok melalui pemanfaatan potensi yang dimiliki," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?